Persepsi Guru tentang Social Distancing pada Pendidikan AUD Era New Normal


Masganti Sit(1Mail), Muhammad Shaleh Assingkily(2),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri, Sumatera Utara, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri, Sumatera Utara, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Masganti Sit, Muhammad Shaleh Assingkily
Article Analytic
  [File Size: 528KB]  Language: ID
Received : 2020-09-09  |  Published : 2020-09-26
Article can trace at:

Abstract


Social Distancing dan pembelajaran jarak jauh menjadi hal familiar sejak pandemi covid-19. Begitupun, sistem pembelajaran era new normal mulai dikondisikan dengan mengikut kebijakan pada tiap-tiap daerah, terutama bagi anak usia dini. Tulisan ini bertujuan menganalisa persepsi guru tentang social distancing dan pola pembelajaran yang diterapkan pada PAUD era new normal di RA/TK Kab. Aceh Tenggara. Penelitian kualitatif dengan metode field research dipilih dalam tulisan ini untuk mengungkap data dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa (1) guru memandang bahwa social distancing adalah pembatasan jarak sosial sementara karena pandemi, untuk itu pendidikan pada AUD di RA/TK Kab. Aceh Tenggara mengalami 3 kali transisi pola, mulai dari via WhatsApp Group (WAG), belajar kunjungan dan sistem bergilir; dan (2) platform social distancing pada PAUD di era new normal meliputi aspek pembelajaran, penugasan dan penilaian.


Keywords


new normal; paud; persepsi guru; social distancing

References


Abdullah, Ramli. (2015). Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Lantanida Journal, 3(2). http://dx.doi.org/10.22373/lj.v3i2.1657.

Abidah, Azmil, et.al. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of Merdeka Belajar SIPOSE: Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1): 38-49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9.

Amini, Mukti. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia TK VISI: Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 10(1). https://doi.org/10.21009/JIV.1001.2.

Arizona, Kurniawan, et.al. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19 Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1). http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/111.

Asfiati & Nur Imam Mahdi. (2020). Merdeka Belajar bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1). http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9620.

Astini, Ni Komang Suni. (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19 Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2): 241-255. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11410.

Awofala, Adeneye O. A. (2020). Covid-19 Pandemic in Nigeria and Attitudes Towards Mathematics Homeschooling Among Pre-Tertiary Students Nigerian Online Journal of Educational Sciences and Technology, 1(2). http://jepa.unilag.edu.ng/index.php/nojest/article/view/915.

Braun, V. & Clarke, V. (2012). Thematic analysis. In H. Cooper, P. M. Camic, D. L. Long, A. T. Panter, D. Rindskopf, & K. J. Sher (Eds), APA handbook of research methods in psychology, Vol. 2: Research designs: Quantitative, qualitative, neuropsychological, and biological (pp. 57-71). Washington, DC: American Psychological Association.

Cahyati, Nika & Rita Kusumah. (2020). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19 Jurnal Golden Age, 4(1). http://www.e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203.

Courtemanche, Charles, et.al. (2020). Strong Social Distancing Measures in the United States Reduced the Covid-19 Growth Rate Health Affairs, 39(7). https://doi.org/10.1377/hlthaff.2020.00608.

Creswell, John W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.

Crul, Maurice, et.al. (2017). No Lost Generation? Education for Refugee Children. http://hmm.igeucla.org/wp-content/uploads/2017/01/Education-for-refugee-children-Crul-et-al-DRAFT.pdf.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 55-61. https://core.ac.uk/reader/322536540.

Ellanur, Carona. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp sebagai Sarana Diskusi antara Pengawas dan Guru Pendidikan Agama Islam Jurnal As-Salam, 1(2): 1-14. http://www.jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/80.

Firman. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1). https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743.

Gunawan, et.al. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the Covid-19 Pandemic Period Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2): 61-70. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/95.

Hanoatubun, Silpa. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1): 146-153. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/423.

Hennick, Monique M. (2014). Focus Group Discussions. New York: Oxford University Press.

Herdiana, Dian. (2020). Social Distancing: Indonesian Policy Response to The Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Jurnal Ilmu Administrasi, 17(1). https://doi.org/10.31113/jia.v17i1.555.

Hewi, La & Linda Asnawati. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis Jurnal Obsesi, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530.

Hutami, Meyda Setyana & Aninditya Sri Nugraheni. (2020). Metode Pembelajaran Melalui WhatsApp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/6107.

Ikhsan, et.al. (2020). Upaya Perlindungan Anak dalam Peradilan Pidana di Era Pemberlakuan New Normal Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia Jurnal Ilmu Hukum, 9(2). http://dx.doi.org/10.30652/jih.v9i2.7933.

Indrawati, Budi. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19 Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1): 39-48. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.224.

Indrayana, Boy & Ali Sadikin. (2020). Penerapan E-Learning di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Menekan Penyebaran Covid-19 Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1): 46-55. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Juwita, Dewi Ratna. (2020). Makna Posyandu Sebagai Sarana Pembelajaran Non Formal di Masa Pandemic Covid 19 Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1). http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/159.

Kurniawan, Yosep. (2020). Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Lembaga Kursus Kelas Anak-anak Seminar Nasional Pendidikan 7 Maret 2020. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7375.

Latip, Abdul. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 2020.

Leavy, Patricia. (2017). Research Design Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press

Marbun, Purim. (2020). Disain Pembelajaran Online pada Era dan Pasca Covid-19 Computer Science Research and Its Development Journal, 12(2): 129-142. http://dx.doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142.

Mauly, Yuka Kholyssa. (2020). Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Online pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPIT Az-Zahra Sragen Tahun Pembelajaran 2019/2020 Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/84044/.

Megawanti, Priarti, et.al. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19 Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/6411.

Mungkasa, Oswar. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi Covid 19 The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2): 126-150. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.119.

Mushlih, Miftahul, et.al. (2020). Pendampingan Sekolah Dasar Neger 4 Kupang, Jabon dalam Menghadapi New Normal Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). http://dx.doi.org/10.30651/hm.v1i2.5565.

Mustaghfiroh, Siti. (2020). Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1): 141-147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248.

Naserly, Mursyid Kasmir. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan WhatsApp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa) Aksara Public, 4(2): 155-165. http://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/417.

Nurhalimah, Neneng. (2020). Upaya Bela Negara Melalui Social Distancing dan Lockdown untuk Mengatasi Wabah Covid-19 (Efforts to Defend the Country Through Social Distancing and Lockdown to Overcome the Covid-19 Plague) SSRN. https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3576405.

Perdana, Novan Satria. (2015). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Aksesbilitas Memperoleh Pendidikan untuk Anak-anak di Indonesia Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3): 279-297. https://core.ac.uk/download/pdf/227142787.pdf.

Permatasari, Andalusia Neneng, et.al. (2020). Keintiman Komunikasi Keluarga saat Social Distancing Pandemi Covid-19 Jurnal Obsesi, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.577.

Pramana, Cipta. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Masa Pandemi Covid-19 Indonesian Journal of Early Childhood, 2(2). http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557.

Purnamasari, Iin. (2017). Homeschooling dalam Potret Politik Pendidikan: Studi Etnografi pada Pelaku Homeschooling di Yogyakarta Journal of Nonformal Education, 3(1). https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8844.

Rahmawati, Laili Etika & Dawid Michal Gajewski. (2018). Urgensi Penilaian dalam Pembelajaran BIPA Publikasi Ilmiah. http://hdl.handle.net/11617/9904.

Rahmawati & Evita Muslima Isnanda Putri. (2020). Learning From Home dalam Perspektif Persepsi Mahasiswa Era Pandemi Covid-19 Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1(1). http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/3.

Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v5i1.1825.

Riadi, Selamat, et.al. (2020). Perspsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi Fisip ULM Terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19 Padaringan, 2(2). https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/padaringan/article/view/2151.

Rohayani, Farida. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Qawwam, 14(1). https://doi.org/10.20414/qawwam.v14i1.2310.

Rohmadani, Adinda Icha. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Cara Berpikir dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Yogyakarta Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(1). https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.224.

Rohmawati, Cicik. (2012). Usaha Guru untuk Mengatasi Kenakalan Anak Kelas V SD Negeri Kliwonan 2 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012 Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/21193/.

Ruhaena, Lisnawati & Juni Ambarwati. (2015). Pengembangan Minat dan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah di Rumah Publikasi Ilmiah UMS, The 2nd University Research Colloquium (URECOL) 2015. http://hdl.handle.net/11617/6881.

Sabiq, Ahmad Fikri. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19 CIVIC-CULTURE: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn & Sosial Budaya, 4(1): 1-7. https://doi.org/10.31597/cc.v4i1.322.

Sadikin, Ali & Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2): 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sari, Diah Andika, et.al. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, Di Rumah Saja Jurnal Obsesi, 5(1), 2020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.584.

Satrianingrum, Arifah Prima & Iis Prasetyo. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD Jurnal Obsesi, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.

Seidman, I. 2006. Interviewing as qualitative research. A guide for researchers in education and the social sciences . New York and London: Teachers College, Columbia University. [Google Scholar]

Siagian, Tiodora Hadumaon. (2020). Mencari Kelompok Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona dengan Discourse Network Analysis Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 9(2). https://doi.org/10.22146/jkki.55475.

Sutrisno. (2020). Increased Learning Activities and Outcomes Through Online Learning with Google Classroom in the Covid-19 Pandemic Period Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/151.

Syarifudin, Albitar Septian. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Tabiin, A. (2020). Problematika Stay at Home pada Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19 Jurnal Golden Age, 4(1). http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2244.

Tarma & Uswatun Hasanah. (2017). Workshop Parental Control Berbasis Android untuk Mencegah Akses Konten Pornografi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Cililin Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat Sarwahita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(2). https://doi.org/10.21009/sarwahita.142.09.

Trinova, Zulvia. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik Al-Talim Journal, 19(3). https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55.

Ulinnuha, Masyari. (2013). Melindungi Anak dari Konten Negatif Internet: Studi Terhadap Peramban Web Khusus Anak Sawwa, 8(2). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/sawwa/article/viewFile/661/599

Ulum, Muhammad Syahrul & Jati Pamungkas. (2020). Analisis Kritis Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Online di Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi Covid 19 (Solusi Menyelamatkan Masa Depan Anak-anak Indonesia) Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1). http://dx.doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3584.

Wekke, Ismail & Ahmad Saleh. (2020). Pembelajaran di Masa Pandemi: Tidak Hanya Metode Daring Saja OSFpreprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/njtku.

Wibowo, Fitroh Setyo Putro. (2020). Persepsi Guru SD Muhammadiyah Terhadap Penggunaan Gawai dalam Pembelajaran di Kelas Proceeding Universitas Muhammadiyah Surabaya. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4885.

Widodo, Mulyo Manggih & Lisnawati Ruhaena. (2018). Lingkungan Literasi di Rumah pada Anak Pra Sekolah Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1). https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059.

Wijoyo, Hadion & Irjus Indrawan. (2020). Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal pada Lembaga PAUD di RIAU Jurnal Sekolah, 4(3). https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18526.

Wulandari, Hesti & Edi Purwanta. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Obsesi, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626,

Wulandari, Indra Murti. (2020). Peran Guru Mengoptimalkan Unit Kesehatan Sekolah untuk Melakukan Pencegahan Covid-19 Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.88.

Yensy, Nurul Astuty. (2020). Efektivitas Pembelajaran Statistika Matematika Melalui Media WhatsApp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19) Raflesia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11410.

Yuniarti, Ratna & Widya Hartati. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Penerapan E-Learning pada Masa Darurat Covid-19 Apotema: Jurnal Program Studi Matematika, 6(2). https://doi.org/10.31597/ja.v6i2.377.

Yin, Robert K. (2009). Case Study Research: Design and Methods. California: SAGE Inc.

Zhafira, Nabila Hilmy, et.al. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981.


Article Metrics

 Abstract Views : 2385 times
 PDF Downloaded : 1161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.